Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, DAN STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR

 

A. Visi Keilmuan

Pada tahun 2034 menjadi program studi yang unggul di Jawa Barat yang menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

B. Misi

  1.  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang bahasa Indonesia dan yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
  5. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

C. Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Terlaksananya kegiatan penelitian pada bidang bahasa Indonesia dan yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
  4. Terselenggaranya kegiatan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
  5. Terciptanya jiwa kewirausahaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

D. Strategi Pencapaian

1. Bidang Pendidikan dan pengajaran:

  • Pemutakhiran kurikulum.
  • Meningkatnya mutu pembelajaran, mutu layanan, dan mutu lulusan sesuai standar nasional
  • Peningkatan kualifikasi dosen
  • Pemenuhan rasio yang ideal antara dosen dengan mahasiswa
  • Kepuasan kinerja dosen dan karyawan
  • Sarana dan prasarana yang representatif
  • Peningkatan kompetensi penunjang bagi mahasiswa
  • Peningkatan fasilitas informasi dan disain materi mata kuliah yang dapat diakses melalui internet
  • Maksimalnya penggunaan e-kampus untuk layanan akademik terpadu

2. Bidang Penelitian

  • Peningkatan hasil-hasil penelitian yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
  • Peningkatan kualitas penelitian dosen
  • Peningkatan publikasi penelitian tingkat nasional .

3. Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  • Terlaksananya proses integrasi bidang ilmu yang diselenggarakan dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  • Terjadinya sinergitas civitas akademika dalam pelaksanaan dan tindak lanjut kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  • Terjalinnya kerja sama yang sinergis dengan alumni dalam menggerakkan pembangunan masyarakat.

4. Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

  • Terlaksananya implementasi program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pelaksanaan Dharma Perguruan Tinggi.
  • Meningkatnya kuantitas dan kualitas berbagai inovasi dengan pendekatan multidisipliner dalam melaksanakan pengembangan program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • Terlaksananya implementasi manajemen pembinaan keagamaan (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan)

E. Deskripsi dan Prospek Lulusan

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang SMP dan SMA sederajat, guru Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), jurnalis, peneliti bahasa, penulis, dan editor buku atau jurnal.

Prospek Lulusan:

  1. Guru Profesional
  2. Jurnalis
  3. Editor
  4. Penulis
  5. Content Writer
  6. Copy writer

PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR

 

1. Profil Lulusan

Profil Lulusan dan Deskripsi Profil Lulusan

No.Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
PL-1Pendidik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Mampu memadukan teknologi informasi dan komunikasi serta pedagogi dalam rangka menerapkan konten ilmu pengetahuan untuk pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif serta memiliki integritas kepribadian yang baik.
PL-2Peneliti bidang pendidikan bahasa dan sastra IndonesiaMampu memecahkan masalah untuk menghasilkan inovasi dan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
PL-3Wirausahawan bidang bahasa, sastra, dan pendidikanMampu merintis wirausaha untuk meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

2. Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran lulusan Model Split

KodeCapaian
SIKAP
S-1Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan integritas Kemuhammadiyahan
S-2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika akademik berdasarkan agama, moral, dan etika
S-3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
S-4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S-5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S-6Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S-7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S-8Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademi
S-9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S-10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
KETERAMPILAN UMUM
KU-1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
KU-2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
KU-3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU-4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU-5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU-6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU-7Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihah dan mencegah plagiasi
PENGETAHUAN
P-1Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraaan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan
P-2Menguasai ragam genre dan teks multimoda
P-3Menguasai teori-teori belajar dan konsep pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
P-4Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
P-5Menguasai konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
P-6Menguasai konsep dasar psikologi, sosiologi dan antropologi pendidikan
P-7Mampu menguasai konsep media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis ICT
P-8Menguasai konsep dasar kewirausahaan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
KETERAMPILAN KHUSUS
KK-1Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia
KK-2Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam beragam genre teks
KK-3Mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
KK-4Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
KK-5Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
KK-6Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam bidang kebahasaan, kesastraan, kejurnalistikan, kepewaraan, ke-bipa-an, penulisan buku fiksi/nonfiksi, penerjemahan, dan/atau bidang lainnya
KK-7Mampu mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis ICT
KK-8Mampu merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

3. Capaian Pembelajaran lulusan Model Intergratif

Capaian Pembelaran Lulusan
Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan; ragam genre dan teks multimoda; teori-teori belajar dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan konsep dasar psikologi, sosiologi, dan antropologi pendidikan dengan berbasis nilai-nilai karakter
Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; konsep dasar karya ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan berbasis nilai-nilai karakter
Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; mempraktikkan keterampilan berbahasa dan bersastra, kejurnalistikan, dan/atau kepewaraan; dan merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan dengan berbasis nilai-nilai karakter

4. Daftar Mata Kuliah

Mata Kuliah PBSI

No.Kode MKMata KuliahSKSPra-syaratPenyelenggaraSemester
114000101Pendidikan Agama2InstitusiI
214000102Tauhid2InstitusiI
314000106Bahasa Inggris2InstitusiI
414000107Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaran2InstitusiI
514000201Pengantar Pendidikan2M1InstitusiI
614020301Pengantar Linguistik2Program StudiI
714020302Keterampilan Menyimak2Program StudiI
814020303Keterampilan Membaca2Program StudiI
914020304Teori Sastra2Program StudiI
1014020305Sejarah Sastra2Program StudiI
1114000103Ibadah, Akhlak, dan Muamalah4InstitusiII
1214000202Perkembangan Peserta Didik2M1InstitusiII
1314000203Profesi Kependidikan2M1InstitusiII
1414000205Manajemen Pendidikan2InstitusiII
1514000207Magang 11InstitusiII
1614020306Fonologi Bahasa Indonesia2Program StudiII
1714020307Morfologi Bahasa Indonesia3Program StudiII
1814020308Keterampilan Menyimak Komprehensif2Program StudiII
1914020309Keterampilan Membaca Teknik2Program StudiII
2014020310Pembelajaran Puisi2M2Program StudiII
2114000104Kemuhammadiyahan2InstitusiIII
2214000108Aplikasi Komputer2InstitusiIII
2314000204Dasar-dasar Penelitian2InstitusiIII
2414020311Sintaksis Bahasa Indonesia4Program StudiIII
2514020312Keterampilan Berbicara2Program StudiIII
2614020313Keterampilan Menulis2Program StudiIII
2714020314Pembelajaran Prosa Fiksi2Program StudiIII
2814020315Penulisan Sastra Kreatif*2Program StudiIII
2914020316Teknik Wawancara dan Penulisan Berita*2Program StudiIII
3014020401Telaah Kurikulum BI2M2Program StudiIII
3114000208Magang 21InstitusiIV
3214020317Pembelajaran Drama3Program StudiIV
3314020318Semantik Bahasa Indonesia2Program StudiIV
3414020319Keterampilan Berbicara: Retorika2Program StudiIV
3514020320Keterampilan Menulis: Surat Menyurat2Program StudiIV
3614020321Komunikasi Massa2Program StudiIV
3714020322Penulisan Artikel Tajuk Rencana*2Program StudiIV
3814020323Pewara*2Program StudiIV
3914020402Telaah dan Pengembangan Bahan Ajar BI2M2Program StudiIV
4014020403ICT dalam Pembelajaran BI2M2Program StudiIV
4114020404Interaksi Belajar Mengajar BI2M2Program StudiIV
4214000210Kuliah Kerja Lapangan2Program StudiV
4314020324Analisis Wacana2Program StudiV
4414020325Penulisan Editorial & Feature*2Program StudiV
4514020326Penulisan Artikel, Opini, Esai*2Program StudiV
4614020327Jurnalistik2Program StudiV
4714020328Analisis Bahasa2Program StudiV
4814020329Perbandingan Bahasa Nusantara2Program StudiV
4914020405Perencanaan Pengajaran BI2M3Program StudiV
5014020406Metode Pembelajaran BI2M3Program StudiV
5114020407Media dalam Pembelajaran BI2M3Program StudiV
5214020408Evaluasi Pembelajaran BI2M3Program StudiV
5314000209Magang 32InstitusiVI
5414020330Psikolinguistik2Program StudiVI
5514020331Sosiolinguistik2Program StudiVI
5614020332Edit Naskah*2Program StudiVI
5714020333Penyuntingan Teks *2Program StudiVI
5814020334Metode Penelitian Bahasa2Program StudiVI
5914020409Kreasi dan Inovasi Pembelajaran BI2M3Program StudiVI
6014020410Micro Teaching2M3Program StudiVI
6114020501Penelitian Pendidikan BSI4Program StudiVI
6214000109Statistik2 InstitusiVI
6314000211KKN-Dik4Program StudiVII
6414020335Pembinaan dan Pengembangan BI2Program StudiVII
6514020336Penyiaran*2Program StudiVII
6614020337Peliputan*2Program StudiVII
6714020338Problematika Pembelajaran Bahasa2Program StudiVII
6814020339Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia4Program StudiVII
6914020502Penelitian Tindakan Kelas2Program StudiVII
7014020340Simulasi UKBI0Program StudiVII
7114000110Uji Komprehensif AIK2InstitusiVIII
7214000111Proposal Skripsi2InstitusiVIII
7314000112Skripsi6InstitusiVIII

 

List Data Pendukung
Akreditasi Program Studi Administrasi Pendidikan