PROFIL DEPARTEMEN PROGRAMS STUDI
S-1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
A. VISI
Pada tahun 2034 menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul di Jawa Barat dan menghasilkan lulusan yang cerdas secara intelektual, emosional, spiritual, dan kompetitif di kancah Nasional
B. MISI
Guna mewujudkan visi yang dimaksud, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menjalankan misi yang tertuang dalam lima poin berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan prinsip belajar sepanjang hayat.
- Melakukan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris dengan nilai islami sebagai bukti kepedulian terhadap pemecahan masalah sosial dan kebutuhan manusia.
- Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan prinsip kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
- Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam berbagai bidang ilmu, teknologi dan seni untuk kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dan pembinaan nilai-nilai hidup yang islami mensosialisasikan amar ma’ruf nahi mungkar.
C. TUJUAN
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai lembaga pendidikan tinggi yang melaksanakan Caturdarma. Tujuan dari masing-masing bidang Caturdarma sebagai berikut:
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang mempunyai jati diri, berkarakter, kompeten, kompetitif dan profesional serta berakhlak mulia
- Menghasilkan Pendidik atau Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah yang kompeten, inovatif dan profesional serta berakhlak mulia
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan penelitian khususnya dalam bidang pengajaran bahasa Inggris untuk melakukan inovasi-inovasi pembelajaran
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang pengembangan Bahasa Inggris
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan diri di luar bidang pengajaran bahasa Inggris yaitu instruktur/tutor, jurnalis, penerjemah, dan pemandu wisata
- Menghasilkan lulusan yang memahami dan menerapkan ajaran Islam yang baik, mengapresiasi pergerakan dan tujuan Muhammadiyah serta menjunjung tinggi kearifan lokal.
No. | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | Penyelenggara | Perangkat Pembelajaran | Semester |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 14000101 | Pendidikan Agama | 2 | UPPS | RPS | Semester 1 |
2 | 14000102 | Tauhid | 2 | UPPS | RPS | Semester 1 |
3 | 14000105 | Bahasa Indonesia | 2 | UPPS | RPS | Semester 1 |
4 | 14000107 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | UPPS | RPS | Semester 1 |
5 | 14000201 | Pengantar Pendidikan | 2 | UPPS | RPS | Semester 1 |
6 | 14030301 | Contemporary English Grammar | 2 | PS | RPS | Semester 1 |
7 | 14030302 | Pronunciation Practice | 2 | PS | RPS | Semester 1 |
8 | 14030303 | Intensive Listening | 2 | PS | RPS | Semester 1 |
9 | 14030304 | Intensive Reading | 2 | PS | RPS | Semester 1 |
10 | 14030305 | Intro to Paragraph Writing | 2 | PS | RPS | Semester 1 |
11 | 14000103 | Ibadah, Akhlak dan Muamalah | 4 | UPPS | RPS | Semester 2 |
12 | 14000202 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | UPPS | RPS | Semester 2 |
13 | 14000203 | Profesi Kependidikan | 2 | UPPS | RPS | Semester 2 |
14 | 14000205 | Manajemen Pendidikan | 2 | UPPS | RPS | Semester 2 |
15 | 14000207 | Magang 1 | 1 | UPPS | RPS | Semester 2 |
16 | 14030306 | Functional Grammar | 2 | PS | RPS | Semester 2 |
17 | 14030307 | Fundamental Spoken English | 2 | PS | RPS | Semester 2 |
18 | 14030308 | Extensive Listening | 2 | PS | RPS | Semester 2 |
19 | 14030309 | Extensive Reading | 2 | PS | RPS | Semester 2 |
20 | 14030310 | English Essay Writing | 3 | PS | RPS | Semester 2 |
21 | 14000104 | Kemuhammadiyahan | 2 | UPPS | RPS | Semester 3 |
22 | 14000108 | Aplikasi Komputer | 2 | UPPS | RPS | Semester 3 |
23 | 14000204 | Dasar-dasar penelitian | 2 | UPPS | RPS | Semester 3 |
24 | 14030311 | Grammar in Spoken Discourse | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
25 | 14030312 | English Phonology | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
26 | 14030313 | Public Speaking | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
27 | 14030314 | Intercultural Listening | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
28 | 14030315 | Critical Reading | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
29 | 14030316 | Critical Writing | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
30 | 14030317 | Introduction to English Journalism* | 2 | PS | RPS | Semester 3 |
31 | 14030319 | Introduction to Linguistics | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
32 | 14030320 | Academic Speaking | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
33 | 14030321 | Critical Listening | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
34 | 14030322 | Academic Reading | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
35 | 14030323 | Technical Writing | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
36 | 14030324 | Academic Vocabulary and Corpus | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
37 | 14030325 | ICT on ELT | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
38 | 14030325 | English Journalism and Broadcasting* | 2 | PS | RPS | Semester 4 |
39 | 14030401 | Curriculum Material Development | 3 | PS | RPS | Semester 4 |
40 | 14000208 | Magang 2 | 1 | UPPS | RPS | Semester 4 |
41 | 14030328 | Academic Listening and Speaking | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
42 | 14030329 | Sociolinguistics | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
43 | 14030330 | Semantics | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
44 | 14030331 | Reading for Profesional Purposes | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
45 | 14030332 | Academic Writing | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
46 | 14030333 | Educational Literature | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
47 | 14030334 | Drama in Language Education | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
48 | 14030335 | Intercultural Translation | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
49 | 14030336 | Interpreting* | 2 | PS | RPS | Semester 5 |
50 | 14000210 | Kuliah Kerja Lapangan | 2 | UPPS | RPS | Semester 5 |
51 | 14000109 | Statistik | 2 | UPPS | RPS | Semester 6 |
52 | 14030338 | Psycholinguistics | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
53 | 14030339 | Micro Teaching | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
54 | 14030340 | Cross Culture Understanding | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
55 | 14030341 | Teaching English as a Foreign Language | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
56 | 14030342 | English Morphology and Syntax | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
57 | 14030343 | English Islamic Studies | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
58 | 14030344 | Teaching English for Young Learners (TEYL)* | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
59 | 14030501 | Research in Language Education | 2 | PS | RPS | Semester 6 |
60 | 14000209 | Magang 3 | 2 | UPPS | RPS | Semester 6 |
61 | 14000211 | KKN Pendidikan | 4 | PS | RPS | Semester 7 |
62 | 14030346 | Teacher Profesional Development | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
63 | 14030347 | Second Language Acquisition | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
64 | 14030348 | Language Assesment | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
65 | 14030349 | English for Tourism* | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
66 | 14030351 | Pragmatics | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
67 | 14030402 | Guide for Paper Writing | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
68 | 14030502 | Digital Language Learning (DLL) | 2 | PS | RPS | Semester 7 |
69 | 14000110 | Proposal | 2 | UPPS | RPS | Semester 8 |
70 | 14000111 | Ujian Komprehensif | 2 | UPPS | RPS | Semester 8 |
71 | 14000112 | Skripsi | 6 | UPPS | RPS | Semester 8 |