Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Registrasi Tenaga Kependidikan

Bogor, 13/11/2020, Wakil Ketua II
Rudi Haryono, S.S.,M.Pd., dan Kepala SIMKAK Hendiansyah, S.Pd. menghadiri
kegiatan Sosialisasi dari LLDIKTI IV wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten
terkait Nomor Induk Tenaga Kependidikan (NITK) untuk para pendidik perguruan
tinggi.

Tenaga kependidikan merupakan salah
satu komponen penting dalam warga kampus karena peranan teknis dan
fungsionalnya yang signifikan. Pendataan data base yang terintegrasi untuk
tenaga kependidikan juga memiliki peran penting untuk banyak kepentingan,
diantaranya; jenjang karir dan peningkatan mutu layanan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 51
perguruan tinggi yang ada di wilayah LLDIKTI IV provinsi Jawa Barat dan Banten.
Acara dibuka oleh Kepala LLDIKTI IV Prof. Dr. Uman Suherman, M.Si.  Dalam sambutannya Kepala LLDIKTI IV
menyampaikan bahwa tenaga pendidikan memiliki peranan yang juga penting
disamping unsur dosen di perguruan tinggi. Kegiatan sosialisasi registrasi NITK
bertujuan untuk mendeskripsikan sinergi pemanfaatan data tenaga kependidikan untuk
kepentingan peningkatan karir dan kompetensi tenaga kependidikan.

Sesuai dengan peraturan, ada 23
jenis tenaga kependidikan (kelompok profesi) yang ditargetkan dapat didaftarkan
untuk memperoleh NITK, yaitu arsiparis, analisis kebijakan (untuk PTN), auditor
kepegawaian, bidan, dokter gigi, dokter, pengelola pengadaan barang/jasa (untuk
PTN), pengembang teknologi pembelajaran, penyuluh kesehatan masyarakat,
perancang peraturan perundang-undangan (untuk PTN), perawat gigi, perawat,
perencana (untuk PTN), pranata humas, pranata computer, pranata lab kesehatan,
pranata lab pendidikan, radiographer, widyaiswara (untuk PTN), pustakawan,
pengelola poliklinik, dan pranata fotografi. NITK kedepannya akan menjadi salah
satu syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah untuk tenaga pendidik, seperti
beasiswa, tunjangan, dan lain sebagainya.

Bagikan tulisan ini:

Daftar Sekarang

List Data Pendukung
Akreditasi Program Studi Administrasi Pendidikan